Wednesday, July 10, 2013

[BLOGGER] Perubahan Besar Pada HTML Template Editor

post ini ditranslasikan dari http://buzz.blogger.com/2013/04/improvements-to-blogger-template-html.html
postingan asli dibuat oleh +Samantha Schaffer dan +Renee Kwang, Software Engineer Interns.

Entah Anda seorang pengembang website yang membuat template blog untuk mencari nafkah, atau seorang pemilik blog yang memilih mengubah tampilan website dengan HTML, CSS atau JavaScript, maka Anda mungkin tertarik dengan beberapa perkembangan yang telah dibuat pada HTML Template Editor Blogger.

Template HTML blog Anda adalah baris kode pemrograman yang mengatur tampilan dari blog. Template ini dapat disesuaikan agar tampil sebagaimanapun Anda inginkan. HTML Template Editor yang telah dikembangkan sekarang mendukung penomoran baris kode, syntax highlight, auto-indentation dan pelipatan baris-baris kode sesuai bagian agar memudahkan aktivitas edit template.

Misal, kita ingin memindahkan tanggal postingan ke bawah judul postingan, seperti yang terdapat pada blog Blogger Buzz. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut :



Klik "Template" pada dashboard Blogger, kemudian klik tombol "Edit HTML", untuk melihat tampilan baru dari HTML Template Editor :



Temukan lokasi widget "Blog1" dengan cepat menggunakan fitur baru drop down "Jump to widget" :




Widget ini mengatur bagaimana postingan blog Anda ditampilkan. Kode di dalam widget 'dilipat' secara default. Klik tanda panah yang ada di samping nomor baris kode untuk membuka lipatan kode dan menampilkan sejumlah tag "includable" :



Di dalam includable "main" terdapat kode untuk mengatur tanggal postingan :



Cut bagian kode tanggal postingan dan pindahkan ke mana saja Anda inginkan, dalam post ini akan dipindah di bawah judul postingan pada includable "post" :



Untuk melihat perubahan, klik pada tombol fitur baru "Preview template" :



Tanggal postingan sekarang berada tepat di tempat yang diinginkan, jadi kembali ke tab "Edit template", tekan "Save template" dan selesai!

Sebagai penutup, ditambahkan juga tombol "Format template" yang secara otomatis membersihkan indentasi dari template dan sekarang juga dapat mencari teks dengan menekan "Ctrl+F" pada saat Anda klik di Editor. Untuk mencari dan mengganti teks satu-persatu, gunakan "Ctrl+Shift+F" atau untuk mencari dan mengganti semua sekaligus, gunakan "Ctrl+Shift+R"

Project ini dikerjakan sebagai bagian dari Google Australia’s BOLD Diversity Internship Program. Kami harap Anda menikmati perubahan yang kami buat!

(Cross-posted from the Blogger Developers Network)



post ini ditulis oleh Febrian dalam rangka belajar bahasa Inggris dengan melakukan translasi pada postingan dari blog berbahasa Inggris :malus2:

8 comments:

  1. Template sekarang ini persis seperti situs wen.ru dari rusia. Saat blogspot merubah ke yang sekarang, ane menyambutnya dengan gembira karena lebih efisien dan cepat kalau mau melakukan perubahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gembira kasi jempol dong bang..
      :plusones:

      maksudnya "Template sekarang ini" itu template yang mana bang?
      kok wen.ru gak ada tampilannya ya..?
      :bingungs:

      Delete
  2. Replies
    1. emang artikel tentang apa coba?
      eheheh..
      :malus:

      Delete
  3. paling sering utak atik template, bahkan dulu pernah tampilan blog berantakan...*bisa dikatakan gak ada tampilan , sempat bingung , kirain gak bisa nampilkan postingan lagi... :) *dengan tampilan antar muka... Blogspot lebih gampang diutak atik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali. sekarang jadi lebih mudah utak-atik.
      :plusones:

      saya dulu kalau mau edit template mesti copas ke Notepad++ dulu., baru edit., setelah itu copas kembali ke template editor..
      ehehehe.
      :malus2:

      Delete
  4. Tapi editor template sekarang masih ada sedikit kelemahannya. Kadang ngeblank warna putih. Untungnya ada cara menemukannya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblank putih?
      itu maksudnya waktu pertama diakses kan? bukan pas sedang edit kan?
      kalau ngeblank ya di refresh saja pagenya..

      :malus2:

      Delete

komentar akan kami moderasi terlebih dahulu.
komentar yang tidak sesuai dengan nilai kesopanan dan hukum yang berlaku tidak akan kamu publikasikan.

hormat kami,
admin LinaRian.com

<b>:matabelo:</b> :matabelo: <b>:malus:</b> :malus: <b>:malus2:</b> :malus2:
<b>:peaces:</b> :peaces: <b>:berdukas:</b> :berdukas: <b>:thumbups:</b> :thumbups:
<b>:thumbdowns:</b> :thumbdowns: <b>:marahs:</b> :marahs: <b>:bingungs:</b> :bingungs:
<b>:plusones:</b> :plusones: <b>:eyeloves:</b> :eyeloves:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...